BHINNEKA.COM - Kemudahan dalam akses internet serta penggunaan media sosial dan aplikasi memberikan ide pada pemerintah dalam menjaring aspirasi rakyat. Lewat jalur Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), pemerintah Indonesia menghadirkan layanan pengaduan online (Lapor!) yang dapat diunduh secara gratis melalui perangkat Android dan BlackBerry.

 

“Lapor!” merupakan aplikasi pengaduan masyarakat supaya dapat berpartisipasi melakukan pengawasan dalam pembangunan nasional baik itu berupa aspirasi, pengaduan, ataupun laporan. Tidak hanya melalui aplikasi, layanan juga dapat diakses dalam versi web di http://lapor.ukp.go.id, dan Twitter @LAPOR_UKP4, dan SMS ke 1708.

"Lapor! ini merupakan layanan pengaduan online, yang sistem kerjanya akan meneruskan aduan masyarakat ke pihak-pihak terkait. Saat ini semua kementrian dan lembaga sudah masuk dalam jaringan ini," tutur Kuntoro Mangkusubroto (Kepala UKP4) dalam acara penandatanganan MoU LAPOR! dengan Pemda DKI Jakarta di Kantor UKP4, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

“Apabila menemukan pelanggaran larangan parkir on street misalnya, masyarakat bisa langsung mengambil gambar dan melaporkannya,” kata Deputi III UKP4, Agung Hardjono di dalam seminar Inovasi Geospasial Untuk Pengendalian dan Pengambilan Keputusan yang Efektif di Jakarta.

Saat ini Lapor! baru diadopsi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Nanti secara bertahap Lapor! akan dikembangkan ke berbagai Pemprov, Pemkot, dan Pemkab di wilayah Indonesia.**

Sumber: bhinneka.com

http://www.bhinneka.com/bpost_detail/lapor!_aplikasi_aduan_masyarakat_online.aspx

Go to top