Apakah teman-teman LAPOR! tahu tentang pilihan melapor dengan cara “Anonim” dan “Rahasia”?

Dengan adanya dua pilihan melapor, enggak perlu khawatir tentang identitas atau data pribadi yang sudah Anda lampirkan ke LAPOR! Data Anda tetap aman dan tidak akan digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berikut cara menggunakannya :

  1. Apabila melapor lewat lapor.go.id dapat memilih pilihan “Anonim” atau “Rahasia” di bagian bawah sebelah kanan kolom pengisian laporan. 
  2.  Apabila melalui SMS ke 1708, dapat meminta untuk membuat laporan tersebut “Anonim” atau “Rahasia”

Fitur “Anonim” berguna untuk membuat identitas pelapor, seperti nama, email, dan nomor telpon, tidak dapat dilihat oleh pihak terlapor maupun publik. Dengan fitur ini, data rekan LAPOR! akan berubah menjadi “Anonim” secara otomatis dan tidak ada yang akan tahu nama pelapor.

Enggak hanya itu, nama pelapor juga tidak dapat diketahui oleh masyarakat, bahkan Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah atau K/L/D.

Adapun fitur “Rahasia” berfungsi untuk membuat seluruh laporan rekan LAPOR! menjadi tidak dapat dilihat oleh publik. Laporan hanya dapat dilihat oleh pelapor dan instansi yang dilaporkan.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan fitur “Anonim” dan “Rahasia” bersamaan. Sehingga, nama Anda menjadi anonim dan laporannya tidak akan bisa dilihat oleh publik. Jadi, enggak susah kan menggunakan dua fitur ini? Ayo LAPOR! melalui www.lapor.go.id atau SMS ke 1708. (CR)

 

 

 

Go to top