Data mahasiswa Anda tidak terdaftar dalam laman Forlap DIKTI. Mari LAPOR!

Laman forlap.ristekdikti.go.id atau biasa disebut laman Forlap Dikti adalah informasi yang berasal dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang merupakan kumpulan data perguruan tinggi secara nasional yang dikelola Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti.

Pendataan pendidikan tinggi mulai diberlakukan pada tahun akademik 2002/2003. Adapun untuk perguruan tinggi agama dan kementerian lain, mulai diberlakukan antara tahun 2009-2014. Kendati demikian, terdapat mahasiswa yang mengaku datanya belum terdaftar.

Hingga kini, sudah ada beberapa mahasiswa dan yang sudah lulus melapor melalui web LAPOR! Beragam laporan mereka sampaikan, di antaranya data seperti ijazah yang tidak masuk atau belum terdaftar di Forlap DIKTI, kesalahan data, dan sebagainya. Para pelapor pun menilai jika data tak ditemukan, maka ijazah S1/S2/S3 dianggap palsu, dan masalah lainnya.

Langsung saja, ini simulasi bagaimana cara melihat data mahasiswa di laman PDDikti (forlap).

  1. Langkah pertama silahkan mengunjungi laman PDDikti http://forlap.dikti.go.id/
  2. Setelah masuk di PDDikti, selanjutnya silahkan masuk pada Menu > Pencarian Data sub menu > Profil Mhs
  3. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman Pencarian data mahasiswa.
  4. Untuk nama perguruan tinggi silahkan masukkan kata kunci nama perguruan tinggi, tulis perlahan saja nanti akan ditampilkan daftar perguruan tinggi tujuan anda. (Pastikan perguruan tinggi terdaftar)
  5. Kemudian pilih prodi asal anda, kata kunci bisa NIM atau Nama (yang lebih tepat NIM)
  6. Kemudian masukkan kode captcha dengan benar dan Klik > Cari Mahasiswa (jika captcha sudah betul akan tetapi masih dianggap salah oleh sistem, ganti/klik gambar captcha)
  7. Setelah itu anda akan diarahkan ke laman data mahasiswa hasil pencarian (Selamat anda berhasil)
  8. Untuk melihat detail mahasiswa silahkan klik Nama Mahasiswa anda, sehingga anda akan diarahkan ke laman detail profil mahasiswa.
  9. Untuk melihat riwayat study bisa di klik tulisan > Riwayat Study

Jika belum terdata, Anda jangan khawatir! Belum terdata bukan berarti ijazah kalian dianggap palsu atau ilegal. Bisa jadi data belum selesai dilaporkan. Untuk itu, segera hubungi Perguruan Tinggi guna meminta pengelola PDDikti melengkapi dan memperbarui data yang valid.

Anda juga bisa melapor melalui pelayanan pengaduan publik LAPOR! di www.lapor.go.id atau sms ke 1708. (CR)

 

 

Go to top