BPM FEB UI, 23 Agustus 2015 - SiTAPO merupakan Sistem Terpadu Aspirasi dan Pengaduan Online yang dikembangkan oleh BPM FEB UI 2015. Sama seperti channel-channel pengaduan lainnya, SiTAPO memungkinkan mahasiswa FEB UI menyampaikan aspirasinya mengenai FEB UI. Namun, yang membuat SiTAPO berbeda adalah transparansinya.

Seringkali orang-orang menyampaikan aspirasinya tanpa tahu kelanjutan setelah itu bagaimana. SiTAPO ingin meminimalisasi hal tersebut. Melalui SiTAPO, orang-orang tidak hanya bisa menyampaikan aspirasinya, tapi juga akan menerima laporan mengenai proses follow up aspirasi tersebut.

SiTAPO sebenarnya terinspirasi dari LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat). Beberapa waktu yang lalu, BPM FEB UI 2015 mengadakan kunjungan ke pengelola LAPOR! untuk berbagi cerita mengenai LAPOR! dan SiTAPO.

Pada kunjungan tersebut, pengelola LAPOR! banyak memberikan saran dan masukan untuk pengembangan SiTAPO. Kunjungan ini, pada waktu itu, diharapakan dapat menjadi awalan kerjasama strategis selanjutnya antara LAPOR! dan BPM FEB UI. Apalagi, kedua pihak melihat bahwa ada potensi integrasi antara LAPOR! dengan SiTAPO.

Sekarang, harapan tersebut terwujud. SiTAPO kini terintegrasi dengan LAPOR!. Dengan adanya integrasi ini, diharapkan dapat membantu menyambungkan aspirasi masyarakat mengenai hal-hal sekitar mahasiswa yang berhubungan dengan pemerintah. Hal ini tentunya merupakan sebuah kolaborasi yang sangat bagus dan diharapkan akan memberikan dampak yang baik dan berguna untuk orang banyak.

Sumber: BPM FEB UI (http://www.bpmfeui.com/integrasi-sitapo-dengan-lapor/)

 

Go to top